Abstract:
City branding ialah salah satu konsep dari branding. Branding ialah strategi
pemasaran kota dengan tujuan menguatkan ikatan serta membangun citra baik
kota dengan wisatawan. Pasar Kamu merupakan wisata kuliner jajanan tradisional
yang memiliki alat tukar Rupiah dengan Tempu yang sangat unik dan Tradisional.
Tujuan Penelitian ini adalah Agar mengetahui Bagaimana City Branding Jajanan
Tradisional Pasar Kamu Desa Denai Lama Kabupaten Deli Serdang Dalam
Menarik Kunjung Wisatawan.Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dalam melakukan penelitian ini yaitu penelitian melalui observasi,
wawancara, atau telaah dokumen dan bersifat deskriptif. Teknik analisis data yang
penulis gunakan ialah observasi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil Penelitian adalah City Branding dilakukan dengan cara
membuat suatu ciri khas yang unik dapat diingat para pengunjung wisatawan
dimanapun berada dengan alat tukar yang unik bernama “TEMPU”. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa City Branding yang dilakukan Manajemen Pasar kamu
sangat terkonsep dan berhasil membangkitkan sumber ekonomi serta lapangan
pekerjaan masyarakat Desa Denai Lama. city branding jajanan tradisional pasar
Kamu Desa Denai Lama Kabupaten Deli Serdang berhasil menarik kunjungan
wisatawan melalui strategi yang berfokus pada identitas budaya, promosi yang
efektif, kolaborasi dengan pihak terkait, dan pemeliharaan keaslian jajanan
tradisional. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya memanfaatkan
kekayaan budaya lokal sebagai daya tarik wisata yang unik, serta pentingnya
kerjasama lintas sektor dalam mengembangkan destinasi wisata yang
berkelanjutan.