Research Repository

MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DIMASA PANDEMI COVID 19 (STUDI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 023904 BINJAI UTARA)

Show simple item record

dc.contributor.author PUSPITA, DINA
dc.date.accessioned 2023-07-25T01:14:17Z
dc.date.available 2023-07-25T01:14:17Z
dc.date.issued 2023-04-15
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21030
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini menganalisis secara mendalam pembelajaran berbasis karakter yang dilaksanakan selama pandemi covid 19 di SD Negeri 0223904 Binjai Utara, menganalisis secara mendalam bagaimana SD Negeri 0223904 Binjai Utara melaksanakan pembelajaran berbasis karakter dengan model Blended learning dan mengetahui dampak model pembelajaran berbasis karakter yang dilaksanakan oleh siswa di SD Negeri 0223904 Binjai Utara. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan sumber data berasal dari kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua siswa. Temuan penelitian (1) pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah selama pandemi covid 19 dilaksanakan dengan cara sebagai berikut (a) Pembelajaran karakter dilaksanakan dengan mengembangkan program KKG guru kota Binjai, (b) Pembelajaran dilaksanakan melalui blended learning, (c) Menanamkan kebiasaan-kebiasaan positif baik di sekolah maupun di dalam kelas, (d) Dilaksanakan secara terintegrasi dengan setiap pelajaran melalui rencana pembelajaran dan program pembelajaran, (e) Melibatkan partisipasi masyarakat sekolah; (2) Pembelajaran model blended di SD Negeri 0223904 Binjai dinilai sangat efektif, dari 365 siswa, 117 siswa (32,05%) memilih menggunakan hanya pembelajaran daring, sedangkan 189 siswa (51,78%) cenderung memilih kombinasi (blended) dan 59 siswa (16,16%) tidak memilih manapun bentuk pembelajaran. Berdasarkan data ini dapat dikatakan bahwa siswa menyukai pembelajaran blended yakni 51,78%. Hal ini dikarenakan siswa bersedia menerima pembelajaran blended dengan cara kombinasi tatap muka dan daring serta adanya bantuan dana paket internet dari sekolah berupa potongan uang sekolah. Selain itu, siswa sangat menyukai pembelajaran blended dengan alasan pembelajaran menarik, menyenangkan dan tidak membosankan en_US
dc.subject Pendidikan Karakter en_US
dc.subject Pandemi Covid 19 en_US
dc.title MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DIMASA PANDEMI COVID 19 (STUDI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 023904 BINJAI UTARA) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account