Abstract:
Tujuan penelitian ini menganalisis secara mendalam pembelajaran
berbasis karakter yang dilaksanakan selama pandemi covid 19 di SD Negeri
0223904 Binjai Utara, menganalisis secara mendalam bagaimana SD Negeri
0223904 Binjai Utara melaksanakan pembelajaran berbasis karakter dengan
model Blended learning dan mengetahui dampak model pembelajaran berbasis
karakter yang dilaksanakan oleh siswa di SD Negeri 0223904 Binjai Utara.
Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan sumber data berasal dari
kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua siswa. Temuan penelitian (1)
pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah selama pandemi covid 19
dilaksanakan dengan cara sebagai berikut (a) Pembelajaran karakter dilaksanakan
dengan mengembangkan program KKG guru kota Binjai, (b) Pembelajaran
dilaksanakan melalui blended learning, (c) Menanamkan kebiasaan-kebiasaan
positif baik di sekolah maupun di dalam kelas, (d) Dilaksanakan secara
terintegrasi dengan setiap pelajaran melalui rencana pembelajaran dan program
pembelajaran, (e) Melibatkan partisipasi masyarakat sekolah; (2) Pembelajaran
model blended di SD Negeri 0223904 Binjai dinilai sangat efektif, dari 365 siswa,
117 siswa (32,05%) memilih menggunakan hanya pembelajaran daring,
sedangkan 189 siswa (51,78%) cenderung memilih kombinasi (blended) dan 59
siswa (16,16%) tidak memilih manapun bentuk pembelajaran. Berdasarkan data
ini dapat dikatakan bahwa siswa menyukai pembelajaran blended yakni 51,78%.
Hal ini dikarenakan siswa bersedia menerima pembelajaran blended dengan cara
kombinasi tatap muka dan daring serta adanya bantuan dana paket internet dari
sekolah berupa potongan uang sekolah. Selain itu, siswa sangat menyukai
pembelajaran blended dengan alasan pembelajaran menarik, menyenangkan dan
tidak membosankan