Research Repository

IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BUDI UTOMO BINJAI

Show simple item record

dc.contributor.author YANI, RINI
dc.date.accessioned 2023-07-25T01:09:19Z
dc.date.available 2023-07-25T01:09:19Z
dc.date.issued 2023-04-15
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21029
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum merdeka belajar di SMK Budi Utomo Binjai dan tingkat keefektifan implementasi manajemen kurikukum merdeka belajar dalam meningkatkan kompetensi keahlian lulusan di dunia industri. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dan kuantitatif tipe embedded, yakni pendekatan kualitatif sebagai metode primer dan kuantitatif sebagai metode sekunder. Responden penelitian yakni kepala sekolah, guru dan siswa SMK Budi Utomo Binjai. Alat pengumpulan data yakni wawancara, dokumentasi dan observasi serta angket. Hasil penelitian perencanaan kurikulum merdeka belajar dan praktik kerja industri di SMK Budi Utomo Binjai dilaksanakan pada awal tahun ajaran baru, saat kelas XI (semester 3 atau 4) melaksanakan prakerin. Maka perencanaan untuk kelas X sudah dilakukan persiapan. Pihak sekolah sedikit kesulitan dengan penambahan waktu praktik menjadi 6 bulan, dan kesulitan mengatur tempat praktik yang diajukan oleh siswa apabila tempat tersebut terlalu jauh. Beberapa kegiatan dalam perencanaan praktik kerja industri yaitu analisis kebutuhan, pemetaan industri, sosialisasi, pemilihan tempat praktik dan guru pembimbing, serta pembekalan. Selain itu pelaksanaan kurikulum merdeka belajar dan praktik kerja industri di SMK Budi Utomo Binjai dilakukan sesuai dengan jadwal dan hasil kesepakatan dari industri, yaitu kurang lebih 6 bulan atau 1 semester. Namun sekolah kesulitan dalam melakukan penyerahan, monitoring, dan penarikan terhadap peserta didik yang tempat prakerinnya diluar Kota Binjai, hal ini disebabkan oleh faktor biaya, jarak, dan waktu. Demikian juga evaluasi kurikulum merdeka belajar dan praktik kerja industri di SMK Budi Utomo Binjai dilakukan dengan mengumpulkan data-data dan menganalisisnya. Masing-masing jurusan akan melaporkan hasil prakerin siswa-siswinya. Evaluasi berjalan sesuai dengan yang diagendakan, namun dalam kegiatan evaluasi pihak industri tidak dilibatkan, hal ini dikarenakan pihak sekolah merasa tanggungjawab pihak industri telah selesai setelah ditariknya peserta didik dari tempat mereka praktik. Secara umum implementasi manajemen kurikulum merdeka belajar di SMK Budi Utomo Binjai dalam menunjang kompetensi lulusan di dunia industri sangat efektif atau 87% responden menyatakan sangat baik. en_US
dc.subject Manajemen Kurikulum en_US
dc.subject Merdeka Belajar en_US
dc.subject Kompetensi Lulusan en_US
dc.title IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BUDI UTOMO BINJAI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account