Abstract:
Pandemi Covid-19 yang melanda dunia membawa banyak kerugian terutama
dalam bidang ekonomi tidak hanya pada taraf global saja namun juga di Indoneisa.
Covid-19 merubah banyak tatanan kehidupan masyarakat salah satunya bagi para
pelaku bisnis baik jasa maupun produksi. PT. Massindo Karya Prima Medan
merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produsen kasur atau bedding dan
salah satu perusahaan yang terkena dampak dari Covid-19. Pada saat pandemi
telah dinyatakan berubah status menjadi endemi banyak perusahaan yang
perlahan-lahan bangkit untuk memperbaiki tatananan perusahaan yang sempat
terganggu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi yang
dilakukan oleh PT. Massindo Karya Prima Medan untuk meningkatkan penjualan
perusahaan pada masa endemi. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik
pengumpulan data melalui wawancaran, observasi dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dilakukan dengan melakukan
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Massindo
Karya Prima Medan dalam meningkatkan penjualan selama masa endemi adalah
berdasarkan 4P yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place(Tempat), dan
Promotion(Promosi). Pada masa pandemi kegiatan promosi seperti pameran yang
dilaksanakan PT. Massindo Karya Prima sempat terhenti sejenak dikarenakan
protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah, dan pada saat endemi
kegiatan pameran kembali rutin dilaksanakan. Berdasarkan hasil wawancara yang
mengacu pada strategi 4P tersebut, produk dan promosi menjadi kunci utama
perusahaan dalam meningkatkan penjualan.