Research Repository

EFEKTIVITAS MANAJEMEN SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN DIVERSIFIKASI KURIKULUM (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 2 KOTA SIBOLGA

Show simple item record

dc.contributor.author SIRAIT, HOTNIDA
dc.date.accessioned 2023-07-24T05:13:46Z
dc.date.available 2023-07-24T05:13:46Z
dc.date.issued 2023-03-16
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21007
dc.description.abstract Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas manajemen sekolah dalm mengimplementasikan diversifikasi kurikulum (studi kasus di MSP N 2 Sibolga ). Penelitian ini di laksanakan di SMP Negeri 2 jalan JL. Oswald Siahaan No. 35, Sibolga ILIR, Kec. Sibolga Utara, Kota Sibolga Prov. Sumatera Utara. Dengan tekhnik pengumpulan data observasi, wawancara dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian adalah Kurikulum idealnya dilaksanakan berorientasi pada kehidupan, pada tingkat kemampuan dasar untuk keperluan pengembangan seperti membaca, menulis, dan berpikir kritis. Selanjutnya kurikulum yang berorientasi pada kehidupan dan pengalaman peserta didiknya bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif kurikulum yang menyesuaikan dengan kondisi daerah dan lingkungan sekitar sekolah. Seluruh guru SMP Negeri 2 Sibolga diberikan kebebasan dalam menyusun silabus walaupun sudah ada ketentuan silabus dari dinas pendidikan. Adapun penyusunan silabus ini tidak terpusat pada dinas pedidikan melainkan silabus yang sudah dimodifikasi, maksudnya adalah silabus yang menyesuaikan pada karakter siswa. Dalam pelaksanaan program manajemen sekolah, strategi yang diterapkan untuk tercapainya pelaksanaan pembelajaran, meliputi: sosialisasi program, pemecahan masalah, peningkatan mutu, dan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program sekolah. Proses belajar mengajar (PBM) atau interaksi yang terjadi antara guru dengan siswa di SMP Negeri 2 Sibolga sangat akurat, hal ini dikarenakan proses pengajarannya yang harmonis. Evaluasi kurikulum dalam melaksanakan pembelajaran yang perlu dinilai bertitik tolak dari aspek-aspek tujuan hendak dicapai, baik tujuan kurikulum, tujuan pembelajaran dan tujuan belajar siswa. Setiap evaluasi nilai berpangkal pada kemampuan-kemampuan apa yang hendak dikembangkan, sedangkan setiap kemampuan itu mengandung uNdur-uNdur pengetahuan, ketrampilan dan sikap serta nilai. Penetapan aspek yang dinilai mengacu pada kriteria keberhasilan yang telah ditentukan dalam kurikulum tersebut. en_US
dc.subject Manajemen sekolah en_US
dc.subject kurikulum en_US
dc.subject diversifikasi en_US
dc.title EFEKTIVITAS MANAJEMEN SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN DIVERSIFIKASI KURIKULUM (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 2 KOTA SIBOLGA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account