Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan instruksional,
motivasi berprestasi, dan kualitas kehidupan kerja terhadap keouasan kerja guru di
lingkungan kerja, budaya organisasi, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru
terhadap kepuasan kerja SMK Perguruan Al washliyah beralamat kecamatan
Galang Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh guru di perguruan SMK Perguruan Al washliyah yaitu
berjumlah 68 orang, sedangkan sampel yang digunakan adalah juga seluruh guru
di perguruan Al washliyah Deli Serdang yang berjumlah 68 orang sebagai sampel
total (total sampling). Instrument penelitian menggunakan angket yang terlebih
dahulu sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil Penelitian ditunjukkan oleh
koefisien determinasi R2 (R square) = 74.0, atau sebesar 74.0% dan sisanya yaitu
26% ditentukan oleh faktor lainnya. Hasil analisis regresi sederhana,
menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 8.638+ 0.838X1, yang berarti bahwa
peningkatan sebesar 0,838. Pengaruh motivasi berprestasi terhadap kepuasan
kerja.ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 (R square) = 0,461 atau sebesar
46.1% dan sisanya yaitu 53.9% ditentukan oleh faktor lainnya. Hasil analisis
regresi sederhana menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 8.638+ 0.290X2yang
berarti bahwa peningkatan nilai sebesar 0,290. Pengaruh Kualitas Kehidupan
Kerja terhadap Kepuasan Kerja ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 (R
square) = 0,567 yang berarti bahwa Kualitas Kehidupan Kerja terhadap Kepuasan
Kerja sebesar 56,7% dan sisanya yaitu 43.3 % ditentukan oleh faktor lainnya.
Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan persamaan regresi Ŷ=
8.638+0.309X3yang berarti bahwa peningkatan sebesar 0,309 Terdapat pengaruh
positif dan signifikan kepemimpinan instruksional (X1), motivasi berprestasi
(X2), dan kualitas kehidupan kerja (X3) secara bersama-sama terhadap Kepuasan
Kerja. Adapun besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 (R
square) = yang berarti bahwa Kepuasan Kerja secara bersama-sama memberikan
pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 63.0% dan sisanya yaitu 37.0% ditentukan
oleh faktor lainnya. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan persamaan Ŷ
=8.638+ 0.838X1 + 0.290X2+0.309X3