Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pola komunikasi dalam
meningkatkan citra perusahaan pada PT. Tri Adi Bersama dan untuk mengetahui
hambatan-hambatan proses komununikasi dalam meningkatkan citra
perusahaanpada PT. Tri Adi Bersama. Penelitian menggunakan pendekatan
kualitatif. Adapun hasil penelitian menunjukkan pola Komunikasi pada PT. Tri
Adi Bersama yaitu dimana perusahaan tersebut yaitu: menerapkan sistem pola
komunikasi dua arah atau interpersonal, yaitu dengan menerapkan system
komunikasi symbiosis mutualisme yaitu dimana para karyawan dengan manajer
atau pihak perusahaan saling bekerja sama dan adanya feedback dari kedua belah
pihak sehingga tercipta komunikasi yang baik antara kedua belah pihak yaitu
antara atasan dan bawahan, sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai dengan
baik. Menerapkan system komunikasi satu arah pada saat-saat tertentu saja.
Menggunakan tiga teknik komunikasi untuk menghasilkan komunikasi yang baik
dan terarah yaitu: Penetapan bahwa semua informasi yang diberikan harus
berhubungan dengan subjek dan tujuan dan pengelompokan ide-ide yang
kemudian disajikan dengan cara yang logis. Dalam setiap kegiatan komunikasi,
setiap informasi yang penting harus sudah tercakup. Dengan terciptanya pola
komunikaasi dua arah sehingga terciptnya citra perusahaan sebagai penyedia jasa
pengiriman berbasis teknologi yang senantiasa terus bertumbuh untuk
menciptakan nilai-nilai bersama, melalui kolaborasi aktif dengan semua
pemangku kepentingan, komunitas dan masyarakat serta serta peningkatan
kesejahteraan seluruh pemangku kepentingan. Tidak terdapat adanya hambatan
dalam proses komunikasi pada PT. Tri Adi Bersama dikarenakan perusahaan
tersebut berjalan sesuai dengan SOP yang berlaku didalam perusahaan tersebut.