Research Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 2 TAPANULI TENGAH TA. 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author PUTRI, AMANDA POHAN
dc.date.accessioned 2023-07-24T03:16:49Z
dc.date.available 2023-07-24T03:16:49Z
dc.date.issued 2023-05-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20993
dc.description.abstract Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar materi pecahan tahun ajaran 2022/23 di kelas III MIN 2 Tapanuli Tengah. Menurut flowchart Suharsimi Arikunto, penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Ada dua siklus, dan setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan 20 siswa kelas III MIN 2 Tapanuli Tengah, 9 perempuan dan 11 laki-laki, sebagai subjek. Data penelitian ini akan dikumpulkan dengan bantuan lembar tes. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Perkembangan pembelajaran siswa pada siklus I dan II menunjukkan kemajuan. Tingkat ketuntasan pree test sebesar 35% dengan skor rata-rata 59. Sementara itu, tingkat ketuntasan kegiatan pada siklus I 50% tuntas dan 50% tidak tuntas dengan skor 68. Pada siklus II terjadi peningkatan tingkat pemenuhan 80% dengan nilai rata rata 79.444. Berdasarkan data dari setiap siklus perbaikan yang diawali dengan tes sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Make a Match Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Tapanuli Tengah Tahun Ajaran 2022/2023. en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Matematika en_US
dc.subject Model Pembelajaran Make a Match en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 2 TAPANULI TENGAH TA. 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account