Abstract:
Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Make A Match untuk
meningkatkan hasil belajar materi pecahan tahun ajaran 2022/23 di kelas III MIN
2 Tapanuli Tengah. Menurut flowchart Suharsimi Arikunto, penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan empat tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Ada dua siklus, dan setiap siklus
dilakukan dalam dua kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan 20 siswa kelas
III MIN 2 Tapanuli Tengah, 9 perempuan dan 11 laki-laki, sebagai subjek. Data
penelitian ini akan dikumpulkan dengan bantuan lembar tes. Metode analisis data
yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Perkembangan
pembelajaran siswa pada siklus I dan II menunjukkan kemajuan. Tingkat
ketuntasan pree test sebesar 35% dengan skor rata-rata 59. Sementara itu, tingkat
ketuntasan kegiatan pada siklus I 50% tuntas dan 50% tidak tuntas dengan skor
68. Pada siklus II terjadi peningkatan tingkat pemenuhan 80% dengan nilai rata rata 79.444. Berdasarkan data dari setiap siklus perbaikan yang diawali dengan tes
sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Make a Match Dapat
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2
Tapanuli Tengah Tahun Ajaran 2022/2023.