Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberdayaan dan profesionalisme kerja
terhadap motivasi serta dampaknya pada kinerja guru smk negeri di kabupaten Batu Bara.
Penelitian akan dilakukan Oktober 2021 sampai dengan Juli 2022 dengan jumlah sampel 217
orang. Tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan tekhnik analisis jalur path.
Hasil penelitian Terdapat pengaruh langsung dan positif Pemberdayaan terhadap motivasi kerja
guru sebesar 0.962 dan pengaruh langsung pemberdayaan terhadap kinerja guru yakni sebesar
0,071. Terdapat pengaruh tidak langsung Pemberdayaan terhadap Kinerja guru sebesar 0,0317.
Dapat dijelaskan bahwa terdapat pengaruh langsung Pemberdayaan terhadap kinerja guru
terdapat pengaruh tidak langsung pemberdayaan terhadap kinerja guru melalui motivasi guru
SMK Negeri di Kabupaten Batu Bara. Terdapat pengaruh langsung Profesionalisme Kerja
terhadap motivasi sebesar 0.664 dan pengaruh langsung profesionalisme terhadap kinerja guru
sebesar 0,067. Terdapat pengaruh tidak langsung (dampak) profesionalisme kerja terhadap
kinerja guru melalui motivasi kerja sebesar 0.044. Dapat dijelaskan bahwa ada pengaruh
langsung Profesionalisme Kerja terhadap motivasi, ada pengaruh langsung profesionalime
terhada kinerja guru dan ada pengaruh tidak langsung profesionalisme kerja terhadap kinerja
guru melalui motivasi kerja guru SMK Negeri di Kabupaten Batu Bara. Temuan ini
menggambarkan bahwa Pemberdayaan sangat berpengaruh terhadap peningkatan Motivasi SMK
Negeri di Kabupaten Batu Bara. Terdapat pengaruh motivasi terhadap Kinerja guru sebesar 0,33.
Dapat dijelaskan bahwa ada pengaruh motivasi terhadap kinerja guru SMK Negeri di Kabupaten
Batu Bara. Temuan ini menggambarkan bahwa secara simultan Pemberdayaan, kinerja guru dan
Profesionalisme Kerja berpengaruh terhadap Motivasi SMK Negeri di Kabupaten Batu Bara
sebesar 24,8% sedangkan sisanya 75,2% dipengaruhi oleh variabel lainnya di luar model
penelitian.