Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian reward
terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
kelas XI jurusan ADKL di SMK Negeri 1 Tebing Tinggi. Jenis penelitian ini
menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas XI-ADKL 1 dan siswa kelas XI-ADKL 2 yang digunakan sebanyak 56
sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
angket (kuisioner) dan dokumentasi. Hasil uji T secara parsial menunjukkan
bahwa Pemberian Reward terhadap variabel Motivasi Belajar adalah sebesar
0,004 < 0,05 dan thitung 183,363 > 0,258 artinya Pemberian Reward berpengaruh
signifikan terhadap variabel Motivasi Belajar. Hasil Uji F (uji simultan) dapat
diperoleh bahwa Fhitung > Ftabel yaitu sebesar 183,363 > 0,258 dan Sig 0,000 <
0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pemberian Reward secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Tebing
Tinggi.