Research Repository

KEPEMIMPINAN BERBASIS NILAI DALAM MENGEMBANGKAN MUTU PENDIDIKAN DI PESANTREN (STUDY KASUS DI PESANTREN AMANAH TAHFIZSUNGGAL DELI SERDANG)

Show simple item record

dc.contributor.author ADELINA TANJUNG, MINAR
dc.date.accessioned 2023-07-22T01:27:01Z
dc.date.available 2023-07-22T01:27:01Z
dc.date.issued 2022-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20922
dc.description.abstract Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis kepemimpinan berbasis nilai dalam mengembangkan mutu pendidikan di pesantren study kasus di pesantren amanah tahfiz sunggal deli serdang. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, tehknik penelitian dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian adalah Kepemimpinan berbasis nilai di pesantren amanah tahfizd, diawali dengan cara melakukan perencanaan yang membagi personilnya didalam bagian-bagian tertentu dalam meningkatkan mutu pendidikan, dan membagi tugas pokok dan fungsinya dalam bentuk meningkatkan mutu pendidikan dan menggerakkan mereka untuk mencapai perencanaan tersebut. Upaya Kepala sekolah dalam melaksanakan peran utamanya sebagai leader, manajer, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi dengan baik, di samping peran lainnya. Sebagai seorang yang memiliki nilai berupaya meningkatkan mutu pendidikan, bekerja keras dan cerdas, kreatif, inovatif, komitmen, dan berusaha memberikan teladan bagi warga sekolahnya. Kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan telah dilakukan diantaranya : pembinaan dan kerjasama kepada seluruh warga sekolah, meningkatkan partisipasi warga sekolah, masyarakat, stakeholder, menjalin kerjasama dengan pihak–pihak terkait, mengadakan bimbingan dan pelatihan, mengundang narasumber, pendalaman materi, penggalian dana, bakti sosial, promosi, dan lainnya. Kepemimpinan berbasis nilai di pesantren amanah tahfzd sesuai dengan karakteristik kepemimpinan berbasis nilai dilihat dari akuntabilitas, profesional, transparan, dan komunikatif yang merupakan konsep kepemimpinan yang mengkomparasi berbagai aspek yang berkenaan dengan nilai dalam hubungan antar anggota organisasi, kerja sama dengan berbasis nilai dasar organisasi komitmen yang tinggi dan melayani masyarakat sekolah dengan berdasarkan pada nilai-nilai organisasi. en_US
dc.subject Kepemimpinan Berbasis Nilai Dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan en_US
dc.title KEPEMIMPINAN BERBASIS NILAI DALAM MENGEMBANGKAN MUTU PENDIDIKAN DI PESANTREN (STUDY KASUS DI PESANTREN AMANAH TAHFIZSUNGGAL DELI SERDANG) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account