Abstract:
Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis kepemimpinan
berbasis nilai dalam mengembangkan mutu pendidikan di pesantren study kasus
di pesantren amanah tahfiz sunggal deli serdang. Dengan menggunakan metode
penelitian kualitatif, tehknik penelitian dengan menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan reduksi data,
penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian adalah Kepemimpinan
berbasis nilai di pesantren amanah tahfizd, diawali dengan cara melakukan
perencanaan yang membagi personilnya didalam bagian-bagian tertentu dalam
meningkatkan mutu pendidikan, dan membagi tugas pokok dan fungsinya dalam
bentuk meningkatkan mutu pendidikan dan menggerakkan mereka untuk
mencapai perencanaan tersebut. Upaya Kepala sekolah dalam melaksanakan peran
utamanya sebagai leader, manajer, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi
dengan baik, di samping peran lainnya. Sebagai seorang yang memiliki nilai
berupaya meningkatkan mutu pendidikan, bekerja keras dan cerdas, kreatif,
inovatif, komitmen, dan berusaha memberikan teladan bagi warga sekolahnya.
Kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan mutu
pendidikan telah dilakukan diantaranya : pembinaan dan kerjasama kepada
seluruh warga sekolah, meningkatkan partisipasi warga sekolah, masyarakat,
stakeholder, menjalin kerjasama dengan pihak–pihak terkait, mengadakan
bimbingan dan pelatihan, mengundang narasumber, pendalaman materi,
penggalian dana, bakti sosial, promosi, dan lainnya. Kepemimpinan berbasis nilai
di pesantren amanah tahfzd sesuai dengan karakteristik kepemimpinan berbasis
nilai dilihat dari akuntabilitas, profesional, transparan, dan komunikatif yang
merupakan konsep kepemimpinan yang mengkomparasi berbagai aspek yang
berkenaan dengan nilai dalam hubungan antar anggota organisasi, kerja sama
dengan berbasis nilai dasar organisasi komitmen yang tinggi dan melayani
masyarakat sekolah dengan berdasarkan pada nilai-nilai organisasi.