Abstract:
Strategi komunikasi pemasaran adalah sebuah metode yang dilakukan perusahaan
profit untuk menjalankan suatu misi, tujuan dan target dengan cara menjaga dan
mengupayakan keserasian antara tujuan-tujuan yang ingin dicapai. Penelitian ini
bertujuan untuk mencari tahu bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang
diterapkan oleh IQOS dalam memasarkan produknya serta bagaimana
mempengaruhi prilaku keputusan konsumen agar tertarik membeli produk IQOS
khususnya di Kota Medan. Strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan IQOS
dalam berinteraksi dengan konsumennya yaitu dengan cara melakukan customer
bonding. IQOS (I Quit Ordinary Smoking) adalah lini produk alternatif tembakau
yang dirancang secara khusus untuk memanaskan tembakau dan bukan
membakarnya, yang diproduksi oleh Philip Morris International (PMI). IQOS
memanaskan tembakau asli, bukan cairan nikotin sehingga IQOS memberikan
citarasa tembakau asli yang tanpa api, tanpa asap, dan tanpa abu. Hasil dari
penelitian ini adalah bahwa strategi komunikasi pemasaran produk IQOS terhadap
keputusan membeli konsumen di Kota Medan mampu mempengaruhi serta
mengoptimalkan minat beli dengan semaksimal mungkin, dengan menerapkan
komunikasi yang tertata dan baik terhadap konsumen, menjadikan hal tersebut
merupakan sebuah kunci dalam mengoptimalkan keputusan konsumen terhadap
membeli produk tersebu