Abstract:
PT. Pelindo Cabang Belawan membutuhkan peranan aktif dari aktivitas komunikasi CSR dalam mewujudkan program peduli lingkungan atau program TJSL sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat Belawan. PT. Pelindo Cabang Belawan juga memiliki tanggung jawab dalam membantu meningkatkan kesejahteraan dan kepedulian terhadap lingkungan sosial, dengan cara menyisihkan sebagian keuntungan setiap tahun sesuai dengan Peraturan Menteri Negara BUMN Nomor : PER.05/MBU/2007. Peraturan tersebut berisikan mengenai tanggung jawab sosial bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam sebuah program yang diberi nama Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas komunikasi CSR PT. Pelindo Cabang Belawan dalam mewujudkan program peduli lingkungan dan mendapatkan data-data terkait program peduli lingkungan. Sedangkan, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan penelitian ini ada tiga cara yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran Manager Divisi Umum SDM dan Humas, Assistant Manager Divisi Umum, dan Assistant Manager TJSL sangat penting dan berpengaruh besar. Aktivitas komunikasi CSR yang dijalankan oleh pelaku komunikasi dengan aktif dan efisien, melalui alat media komunikasi dengan program – program CSR yang telah terancang dan tersistematis, sehingga terwujudnya ke 7 program bantuan yang tersalurkan setiap tahunnya kepada target utama perusahaan yakni masyarakat Belawan dan sekitarnya.