Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas III SD
00922 Medan sebelum dan sesudah adanya pemberian penguatan (reinforcement) dan
untuk mengetahui adakah pengaruh pemberian penguatan (reinforcement) terhadap hasil
belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas III di SD Negeri 060922 Medan sebelum
diberikan penguatan (reinforcement) adalah masih terbilang rendah. Hal tersebut
dibuktikan dari nilai rata-rata pre-test siswa kelas III adalah 44,44 atau jika dibulatkan
rata-rata nilai siswa adalah 45. Hal tersebut diketahui karena tidak ada yang memenuhi
KKM. Hasi belajar setelah diberikan penguatan (reinforcement) mengalami peningkatan
yaitu 17 orang memenuhi nilai KKM. Maka terdapat pengaruh pemberian penguatan
(reinforcement) terhadap hasi belajar siswa kelas III SD 060922 Medan.