Abstract:
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan
manajemen pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Ibnu Halim. Untuk
mengetahui bagaimana pengorganisasian kegiatan penataan pembelajaran
Bahasa Arab di SMP IT Ibnu Halim. Untuk mengetahui bagaimana pelaksaan
pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Ibnu Halim. Dalam penelitian ini penulis
menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Subjek penelitian
ini di peroleh melalui informan atau responden dengan cara pengumpulan data
seperti wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian
menunjukkan bahwa tahapan manajemen perencanaan persiapan yang dilakukan
oleh pihak pengajar berupa silabus, rencana perencanaan pembelajaran, materi
ajar dan lainnya. Kegiatan pengorganisasian yang dilakukan diantaranya
penyusunan jadwal pembelajaran Bahasa Arab, materi pembelajaran, sarana dan
prasarana yang ada dan menjadi pendukung dalam proses pembelajaran Bahasa
Arab. Kesimpulan yang di dapat dari penelitian ini adalah manajemen
pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Ibnu Halim sudah terlaksanakan dengan
baik dengan cara perencanaan, pengorganisaan, pelaksanaan, pengawasan dan
evaluasi.