Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemapuan berpikir siswa, sebelum dan
sesudah menggunakan model pembelajaran problem solving dan untuk
mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran Tematik di Kelas V SD
Negeri 107415 Batang Kuis. Skripsi, FKIP, UMSU 2023. Adapun pendeketan
penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun hasil penelitian
menunjukkan kemampuan berpikir siswa sebelum menggunakan model
pembelajaran problem solving sangat rendah, hal ini diketahui hanya 7 siswa yang
memenuhi nilai KKM dan 21 siswa belum memenuhi nilai KKM. Kemampuan
berpikir siswa setelah menggunakan model pembelajaran problem solving
mengalami peningkatan yaitu 26 siswa sudah memenuhi nilai KKM dan 2 orang
siswa belum memenuhi nilai KKM. Hasil setelah penelitian selesai dilaksanakan
terdapat pengaruh Model pembelajaran problem solving terhadap Kemampuan
berpikir kritis siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 107415 Batang Kuis.