Abstract:
Penelitian ini di latarbelakangi dengan opini masyarakat Kota Medan terkait iklan
media luar ruang bakal calon Presiden 2024 terhadap sikap memilih di lingkungan
3 Kelurahan Sidorame Timur, Kecamatan Medan Perjuangan. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui opini masyarakat lingkungan 3 Kelurahan Sidorame
Timur, Kecamatan Medan Perjuangan Kota Medan.terkait iklan media luar ruang
bakal calon Presiden 2024 terhadap sikap memilih. Teori yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teori opini masyarakat, iklan media luar ruang, teori
komunikasi massa, serta teori terhadap sikap memilih. Jenis penelitian ini adalah
deskriftif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara,
dokumentasi, dan obsevasi.Analisis data dilakukan dengan metode analisis
deskriftif kualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh melalui instrumen
penelitian dengan narasumber sebanyak 10 orang.Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat terkait iklan media luar ruang
sangat banyak diketahui oleh khalayak atau masyarakat karena dengan adanya
iklan media luar ruang yang dipasang di sudut Jalan Kota Medan dapat dijangkau
oleh masyarakat yang melihatnya bakal calon Presiden 2024 yang akan dapat
menentukan sikap memilihnya. Pemahaman masyarakat terkait iklan media luar
ruang tidak semua masyarakat paham dan mengerti apa itu iklan media luar ruang.
Dengan beredarnya media massa baik berupa media cetak maupun elektronik
masyarakat dapat mengetahui apa itu iklan media luar ruang dan jenis dari iklan
media luar ruang berupa spanduk dan balio. Penilaian masyarakat terkait iklan
media luar ruang sangat membantu khalayak atau masyarakat untuk mengetahui
kandidat bakal calon Presiden 2024 melalui spanduk dan balio.dengan adanya
spanduk dan juga balio masyarakat dapat menentukan sikap memilihnya bakal
calon Presiden.Pengetahuan masyarakat terkait iklan media luar ruang sebaiknya
lebih ditingkatkan lagi. Sehingga masyarakat dapat mengetahui jenis-jenis dari
iklan media luar ruang karena tidak semua masyarakat mengetahui apa itu iklan
media luar ruang. Pemahaman masyarakat sebaiknya lebih ditingkatkan lagi
pemahamannya. Karena tidak semua masyarakat paham apa saja yang termasuk
dari iklan media luar ruang.