Abstract:
Pentingnya pola komunikasi antarpribadi dalam kehidupan sehari-hari khususnya
seperti kegiatan belajar mengajar antara guru dan murid dapat membentuk dan menjaga
hubungan penuh arti, melalui komunikasi. Dalam dunia pendidikan di sekolah diperlukan
Komunikasi antar pribadi yang baik antara guru dan murid sehingga tercipta hubungan
antar pribadi yang lebih mendalam yang memungkinkan terciptanya proses penyampaian
pesan berupa materi pembelajaran secara lebih maksimal Komunikasi antar pribadi adalah
komunikasi yang dilakukan oleh orang-orang secara langsung sehingga orang-orang yang terlibat
dalam komunikasi tersebut dapat menerima reaksi atau respon lawan bicara secara langsung baik
secara verbal maupun non verbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
pola komunikasi antarpribadi guru TK IT Jannatun Naim dalam menghadapi peserta
didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif.
Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara,
dokumentasi kepada 4 orang guru TK IT Jannatun Naim. Adapun teknik analisis data
yang penulis ambil yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Maka
hasil dari penelitian ini adalah pola komunikasi antarpribadi guru dalam menghadapi
peserta didik berjalan dengan baik. Hal itu diketahui dengan telah dilakukannya
komunikasi guru dengan peserta didik yang mencakup intensitas komunikasi, pesan
komunikasi, teknik komunikasi dan bentuk komunikasi yang membentuk pola
komunikasi antarpribadi guru dengan peserta didik.