Abstract:
Desa wisata merupakan suatu alternatif wisata yang sangat efektif untuk
dikembangkan pada saat ini, Desa Wisata Buluh Duri tercatat sebagai salah satu
dari 50 Desa Wisata terbaik Se-Indonesia yang berhasil masuk keajang Anugerah
Desa Wisata 2022. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menjelaskan strategi
komunikasi pariwisata Pemerintah Desa Buluh Duri Serdang Bedagai dalam
pencapaian Anugerah Desa Wisata 2022. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan
teknik pengumpulan data dari berbagai macam sumber, yaitu observasi,
wawancara, serta dokumrntasi yang sudah dituliskan dalam catatan lapangan dan
kemudian didokumentasikan secara pribadi melalui gambar dan foto. Adapun
tahapan dalam proses analisis data yaitu penyeleksian data, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini
ialah pemerintah desa sangat memanfaatkan keberadaan sosial media dalam
pencapaian ini dan tentunya tidak lepas dari manajemen komunikasi pariwisata
yang baik. Ditemukan bahwa strategi komunikasi pariwisata yang digunakan oleh
Pemerintah Desa Wisata Buluh Duri tidak lepas dari kajian-kajian yang ada
didalam komunikasi pariwisata.