Abstract:
Penelitian ini tujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa
dikelas III SD Negeri 066659 Young Panah Hijau dengan menggunakan
Metode Time Token .Penelitian ini di laksanakan di Jalan Young Panah
Hijau Kelurahan Labuhan Deli, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan
dengan siswa kelas IV Sebanyak 25 siswa. Jenis Penelian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian
tindakan kelas merupakan suatu penelitian yang di lakukan untuk
memecahkan masalah dikelas. Menurut (Rahman, 2018-4) penelitian
tindakan kelas merupakan penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas,
tempat ia mengajar dengan penekanan pada penyempurnaan atau
peningkatan proses dan praktik pembelajaran. kemampuan berbicara siswa
sebelum menggunakan metode Time Token berdasarkan observasi dengan
nilai ketuntasan siswa masih terlalu banyak siswa yang tidak tuntas. Pada
siklus I setelah di terapkan nya pendekatan whole language dengan nilai
ketuntasan 44%. Pada siklus II siswa dengan sangat pesat mengalami
kenaikan nilai dengan memperoleh nilai ketuntasan 80%. Respon belajar
siswa sangat tinggi dan baik setelah menggunakan Metode Time Token
hal ini terlihat dari meningkatnya kemampuan berbicara siswa melalui
pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan metode Time Token.