Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan sejauh mana peran guru dalam
meningkatkan kreativitas belajar siswa di SMKS Dharma Patra P.Brandan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif.
Pendekatan kuantitatif dalam bentuk metode deskriptif, melalui metode ini akan di
deskriptif dengan data kuantitatif tentang peran guru bimbingan konseling dalam
mengembangkan kreativitas belajar siswa di SMKS Dharma Patra P.Brandan”.
Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi di SMKS Dharma Patra P.Brandan
sebanyak 656 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampling acak (random
sampling), dengan penentuan besar sampelnya sebesar 15% dari populasi. Dari
jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 656 siswa muncul sampel sebanyak 30
siswa.
Setelah pengumpulan data dilakukan maka selanjutnya adalah proses analisis data
dengan analisis kuantitatif secara deskriptif yang telah dilakukan persentasenya,
dan didapat hasil dari penelitian peran guru di SMKS Dharma Patra P.Brandan
adalah baik dengan hasil persentase 72,4%.