Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis
sebelum dan sesudah menggunakan strategi pembelajaran scaffolding peserta
didik Kelas III SD Negeri No. 101210 Tanjung Malipe dan untuk mengetahui
Apakah ada pengaruh strategi pembelajaran scaffolding terhadap keterampilan
berpikir kritis peserta didik Kelas III SD Negeri No. 101210 Tanjung Malipe.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun hasil penelitian
menunjukkan keterampilan berpikir kritis siswa sebelum menggunakan strategi
pembelajaran scaffolding sangat rendah, hal ini diketahui hanya 12 orang yang
memenuhi nilai KKM dan 14 orang siswa belum memenuhi nilai KKM.
Keterampilan berpikir kritis siswa sesudah menggunakan strategi pembelajaran
scaffolding mengalami peningkatan yaitu 26 orang siswa sudah memenuhi nilai
KKM. Terdapat pengaruh strategi pembelajaran scaffolding terhadap keterampilan
berpikir kritis peserta didik di kelas III SD Negeri No. 101210 Tanjung Malipe.