Abstract:
Masalah transportasi diperkotaan disebabkan karena tingginya jumlah kendaraan
tidak sebanding dengan prasarana transportasi serta populasi yang meningkat
dengan pesat setiap harinya. Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui Analisis
hubungan kecepatan, volume dan kerapatan lalu lintas pada ruas jalan
A.H.Nasution Medan dan dan memilih model terbaik yang sesuai dengan
karakteristik arus lalu lintas di jalan A.H.Nasution Medan. Teknik pengembilan
data yang digunakan adalah data geometrik jalan, data kecepatan, data kepadatan,
data volume lalu lintas dan data hambatan samping. Berdasarkan hasil analisis
yang diperoleh Volume kendaraan tertinggi pada hari senin di sore hari di jalan
jendral besar A.H. Nasution Medan pada pukul 16.00-17.00 WIB sebesar 2962
skr/jam. Hambatan samping di dapat pada hari senin pukul 08.00-09.00 WIB
termasuk dalam kelas hambatan samping yang tinggi (H) yaitu sebesar 725,93
kejadian/jam. Model yang paling baik untuk menggambarkan kepadatan pada saat
macet (Dj) adalah Model Greenshield yang mendapatkan nilai antara 311,37-
920,17 skr/km. Hasil analisa didapatkan nilai derajat kejenuhan pada hari senin
pukul 16.00-17.00 WIB yang sudah melebihi kapasitas jalan sehingga DS
didapatkan hasil sebesar 0,72.