Abstract:
Putar balik arah merupakan salah satu fasilitas yang dibutuhkan oleh pengendara
tentunya bagi sebagaian pengendara yang membutuhkan untuk mendapatkan
perjalanan yang lebih dekat dan cepat sampai pada tujuan sekaligus dapat
mengurangi masalah komplik berlalulintas. Namun disi lain tidak secara
keseluruhan dapat mengatasi masalah konflik. Salah satu pengaruh ketika
melakukan putar balik arah yaitu terhadap kecepatan kendaraan, dimana kendaraan
akan melakukan pendekatan secara normal dari lajur cepat, dan melambat atau
berhenti. Tujuan penelitian ini yaitu Mengetahui besarnya rata–rata Volume
Kendaraan yang memutar, dan Tingkat pelayanan terhadap pada ruas jalan Imam
Bonjol, Menganalisa waktu tempuh rata–rata kendaraan yang melakukan putar
balik arah, dan kepadatan kendaraan saat melakukan putar balik arah, Mengetahui
pengaruh putar balik arah terhadap kinerja ruas jalan. Hasil dari rata–rata volume
kendaraan yang melakukan putar balik arah dari setiap lokasi penelitian diambil
data yang terbesar yaitu sebesar 360 kendaraan/jam, sedangkan untuk volume pada
ruas Jalan Imam Bonjol (tanpa hambatan) sebesar 2408 skr/jam.Tingkat pelayanan
jalan Mendekati arus yang tidak stabil. Dimana hampir seluruh pengemudi akan
dibatasi (terganggu). Kemudian untuk Kecepatan rata – rata kendaraan pada saat
melakukan putar balik arah dijalan Imam Bonjol Kota Kisaran, yang diambil data
yang terbesar Sebesar 15,73 km/jam dengan Panjang antrian kendaraan pada saat
melakukan putar balik arah sebesar 18 meter, dan Pengaruh fasilitas putar balik arah
terhadap kinerja ruas jalan, dari hasil analisa data, dapat kesimpulan bahwa dengan
adanya fasilitas putar balik arah dapat menyebabkan perubahan arus lalulintas
menerus tentunya juga akan berpengaruh pada derajat kejenuhan dengan nilai 1,6
skr/jam dan memutar pada putar balik arah yang tentunya juga akan berpengaruh
pada derajat kejenuhan dengan nilai 3,2 skr/jam. Yang dimana arus tertahan atau
macet dan lalulintas pada kondisi terhambat (F).