Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Pengunaan Media
Board Game Terhadap Pemahaman Konsep Pembelajaran IPA Siswa Kelas V UPT SD
Negeri 060880. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V UPT SD Negeri
060880. Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas, yaitu kelas 5A sebagai kelas eksperimen
dan kelas 5B sebagai kelas kontrol. Instumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
test yaitu test awal ( pre-test ) dan test akhir ( post-tes) Pada hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa pembelajaran yang menggunakan media board game mempunyai
efektivitas yang cukup baik daripada pembelajaran tanpa menggunakan media board game.
Ini ditunjukkan dari hasil analisis Independent Sample t Test-hitung = 0,00 dan 0,00 > Level
of Significant = 0,05. Pada kelas eksperimen rata-rata awal sebesar 53,11 dan rata-rata akhir
setelah diberi pembelajaran dengan menggunakan media board game meningkat menjadi
81,29. Sedangkan anak kelas kontrol rata-rata awal adalah 41,70 dan rata-rata akhir setelah
pembelajaran tanpa menggunakan media board game sebesar 83,35. Hasil analisis data
tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan anatara
pretest dan posttest dengan demikian terdapat Efektivitas Penggunaan Media Board Game
Terhadap Pemahaman Konsep Pembelajaran IPA Siswa Kelas V UPT SD Negeri 060880
Medan Polonia.