Research Repository

PENGARUH METODE PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN 104212 DELI SERDANG

Show simple item record

dc.contributor.author Septiani, Siregar
dc.date.accessioned 2023-06-13T04:15:03Z
dc.date.available 2023-06-13T04:15:03Z
dc.date.issued 2023-05-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20691
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA, dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran IPA sehingga siswa merasa bosan dan dara tarik siswa kurang dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen, Populasinya adalah siswa kelas IV SDN 104212 Deli Serdang. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampel jenuh. Variabel X yaitu Metode Praktikum, Variabel Y yaitu keterampilan berpikir kritis siswa. Pengujian Hipotesis menggunakan Independent Samples Test yang didahului dengan uji validitas dan reliabilitas. Hasil dari penelitian ini menggunakan uji hipotesis mendapatkan nilai signifikasi sebesar 0,002. Berarti 0,002 ≤ 0,05, maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode Praktikum Terhapat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN 104212 Deli Serdang. en_US
dc.subject Metode Praktikum en_US
dc.subject Keterampilan Berpikir Kritis en_US
dc.title PENGARUH METODE PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN 104212 DELI SERDANG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account