Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis
siswa pada pembelajaran IPA, dikarenakan guru masih menggunakan metode
ceramah dalam proses pembelajaran IPA sehingga siswa merasa bosan dan dara tarik
siswa kurang dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui tingkat keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian ini adalah
metode eksperimen, Populasinya adalah siswa kelas IV SDN 104212 Deli Serdang.
Pengambilan sampel dilakukan dengan sampel jenuh. Variabel X yaitu Metode
Praktikum, Variabel Y yaitu keterampilan berpikir kritis siswa. Pengujian Hipotesis
menggunakan Independent Samples Test yang didahului dengan uji validitas dan
reliabilitas. Hasil dari penelitian ini menggunakan uji hipotesis mendapatkan nilai
signifikasi sebesar 0,002. Berarti 0,002 ≤ 0,05, maka Ha diterima. Dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh metode Praktikum Terhapat Keterampilan Berpikir Kritis
Siswa Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN 104212 Deli Serdang.