Abstract:
Penelitian ini bertujuan menigkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model
pembelajaran kooperatif STAD pada siswa kelas IV SD Ar-Rahman Islamic Fullday
School Medan T.A 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang
melibatkan siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang siswa. Objek penelitian ini adalah
hasil belajar matematika. Data penelitian ini akan dikumpulkan dengan bantuan lembar
tes dan observasi. Data yang terkumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis
kuantitatif dan kualitatif. Perkembangan pembelajaran siswa pada siklus I dan II
menunjukkan kemajuan. Tingkat ketuntasan pra siklus dengan nilai rata-rata 30,5%.
Sementara itu, tingkat ketuntasan kegiatan pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar
80%, akan tetapi masih terdapat beberapa siswa yang belum mencapai KKM. Pada siklus
II terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 100%. Berdasarkan hasil penelitian diatas,
dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif STAD dapat Meningkatkan
Hasil Belajar Matematika di SD Ar-Rahman Islaic Fullday School Medan T.A
2022/2023.