Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Pembelajaran PKn
Berbasis Karakter dengan Tema Indahnya Keragaman di Negeriku untuk siswa
SD kelas IV pada materu indah nya keragaman di negeriku dan untuk mengetahui
kelayakan modul pembelajaran berbasis karakter untuk siswa SD kelas IV pada
materi indahnya keragaman di negeriku. Model pengembangan yang digunakan
adalah pengembangan R & D Research and Development yang menggunakan
model prosedural Dick and Carey dengan menggunakan langkah-langkah yaitu
menentukan materi ajar yang akan dikembangkan, mengidentifikasi tujuan
pembelajaran, mengembangkan strategi pembelajaran, penyusunan dan penulisan
modul dan mendesain melakukan evaluasi formatif merevisi produk
pengembangan. Subjek penelitian ini adalah SD Asuhan Jaya dengan
menggunakan sampel 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket yang
terdiri dari angket ahli materi, ahli, bahasa, ahli desain dan angket respon siswa.
Modul Pembelajaran PKn Berbasis Karakter dengan Tema Indahnya Keragaman
di Negeriku untuk siswa SD kelas IV yang dikembangkan sudah memenuhi
kriteria layak digunakan untuk siswa SD kelas IV. Kelayakan terlihat dari hasil
validator, dimana hasil penilaian modul oleh para ahli materi diperoleh nilai
88,33%, dengan kategori sangat layak, ahli bahasa 91,66% dengan kategori sangat
layak, ahli tampilan 90,00% dengan kategori sangat layak dan angket respon
siswa diperoleh 90,62% dengan kategori sangat menarik.