Abstract:
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dampak efektif penggunaan media
digital dan pesan Instagram oleh dua partai politik di provinsi Sumatera Utara, Partai
Demokrasi Indonesia Perjuangan Sumatera Utara (PDIP Sumut) dan Golkar Golkar
Sumatera Utara (GOLKAR). Sumut), di Generasi Z yang menjadi pengikut akun
Instagram resmi partai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif
dengan pendekatan deskriptif untuk menggali hubungan hipotetik antara tiga
variabel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada
197 followers Gen Z di akun Instagram PDIP Sumut dan 41 followers Gen Z di akun
Instagram GOLKAR Sumut. Analisis data dilakukan dengan menggunakan skala
Likert dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS-22.
Temuan penelitian menunjukkan dampak positif pada kepentingan politik Gen Z
antara penggunaan media sosial dan pesan partai. Namun, ada faktor lain yang
mempengaruhi kepentingan politik Gen Z yang tidak diperhatikan dalam penelitian
ini. Studi ini juga menyarankan penelitian lebih dalam yang akan memengaruhi
demografi yang lebih luas dan membantu partai politik mengembangkan strategi
untuk berkomunikasi dengan publik.