Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah apakah terdapat
pengaruh penerapan metode pembelajaran konteksual berbasis outing class
berpengaruh terhadap kreativitas peserta didik kelas V di SD Negeri 101210
Tanjung Malipe. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan
kreativitas peserta didik yang masih rendah dan metode Pembelajaran kontekstual
berbasis outing class di SD Negeri 101210 Tanjung Malipe. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kontekstual berbasis
outing class terhadap kreativitas peserta didik di kelas V SD Negeri 101210
Tanjung Malipe. Manfaat dalam penelitian ini diharapkan dapat menambah
pengetahuan bagi pembaca mengenai kreativitas peserta didik dengan
menggunakan metode pembelajaran kontekstual berbasis outing class. Metode
penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas Va dan
kelas Vb yang berjumlah 54 siswa. Kelas Va berjulmlah 28 peserta didik yang
terdiri dari 16 laki-laki dan 12 perempuan sedangkan kelas Vb berjumlah 26
peserta didik terdiri dari 13 laki-laki dan 13 perempuan. Penelitian ini dilakukan
pada bulan November 2022 di SD Negeri 101210 Tanjung Malipe. Dalam
pengambilan sampel, peneliti menggunakan teknik sensus/sampling total.
Instrumen peneltian ini yang digunakan yaitu lembar tes. Pengujian hipotesis
menggunakan indepent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan antara penggunaan metode pembelajaran kontekstual berbasis outing
class dan tanpa menggunakan metode pembelajaran kontekstual berbasis outing
class. Berdasarkan signifikan 0,002 < 0,05 maka Ha diterima atau terdapat adanya
pengaruh penerapan antara pembelajaran kontekstual berbasis outing class
terhadap kreativitas peserta didik di kelas V SD Negeri 101210 Tanjung Malipe.