Abstract:
Rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut: “Bagaimana kemampuan
berkolaborasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode Make A Match
pada Pelajaran Tematik di Kelas IV SD Negeri 107402 Saentis Kecamatan Percut
Sei Tuan T.A 2022/2023? ”Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kemampuan berkolaborasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode
Make A Match pada Pelajaran Tematik di Kelas IV SD Negeri 107402 Saentis
Kecamatan Percut Sei Tuan T.A 2022/2023. Subjek yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pada siswa kelas IVSD Negeri 107402 Saentis Kecamatan
Percut Sei Tuan Medan yang berjumlah 26 siswa. Objek dari penelitian ini adalah
kemampaun berkolaborasi melalui Model make a matchdi siswa kelas IV SD
Negeri 107402 Saentis Kecamatan Percut Sei Tuan Medan pada materi indahnya
keragaman di negeriku. Dari hasil penelitian, Sebelum menggunakan metode
Make A Match diperoleh hasil bahwa yang mencapai ketuntasan belajar siswa
hanya 4 orang dengan persentase 20%. Pada siklus I dari 26 orang siswa terdapat
12 orang (60%) siswa untuk kriteria tidak baik, 5 orang (25%) siswa untuk kriteria
cukup baik, 2 orang (10%) siswa untuk kriteria baik, 1 orang (5%) siswa untuk
kriteria sangat baik. Sementara pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 2
orang (7,69%) siswa untuk kriteria tidak baik, 1 orang (3,85%) siswa untuk
kriteria cukup baik, 4 orang (15,38%) siswa untuk kriteria baik, 19 orang
(72,08%) siswa untuk kriteria sangat baik.