Research Repository

ANALISIS PENGGUNAAN REL PADA PROYEK PENINGKATAN JALUR KERETA API LINTAS KISARAN - RANTAU PRAPAT SEGMEN KISARAN – MAMBANG MUDA

Show simple item record

dc.contributor.author EKO WIDI, WURYANTO
dc.date.accessioned 2023-06-06T02:04:29Z
dc.date.available 2023-06-06T02:04:29Z
dc.date.issued 2023-03-16
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20620
dc.description.abstract Untuk mewujudkan kondisi prasarana jalan rel yang baik dan handal, maka perlu dilakukan perawatan dengan baik dan benar secara rutin agar tetap dapat dilalui kereta api dengan aman, nyaman sesuai dengan kecepatan dan tekanan gandar yang telah ditentukan, sehingga dengan kondisi prasarana yang baik dan handal diharapkan dapat terwujudnya peningkatan keselamatan dan keamanan perkeretaapian. Jalur Kereta Api Lintas Kisaran – Rantau Prapat merupakan bagian dari Trans Sumatera Railways yang telah dibangun sejak tahun 1937 dan terus ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kondisi eksisting jalan rel dengan kelas jalan III menggunakan tipe R42 dan memiliki kecepatan 70 km/jam. Dengan meningkatkan Track Quality Index (TQI) Jalur Kereta Api dari Kelas III menjadi kelas I berikut dengan penggantian rel tipe R.42 menjadi R.54 dan mengganti bantalan rel yang digunakan sepanjang Jaur Kereta Api. Maka dari itu, penilitian ini akan menganalisis penggantian R.42 menjadi R.54 pada proyek Peningkatan Jalur Kereta Api Lintas Kisaran - Rantau Parapat Segmen Kisaran Mambang – Muda. Dalam hal ini, menganalisis kedua tipe rel tersebut ditinjau dari karakteristik beban serta tegangan yang terjadi. Setelah melalui proses perhitungan, maka dapat diketahui bahwa nilai tegangan sebesar σ = 1.466,616 kg/cm2 < σizin = 1.325 kg/cm2. Dan nilai dari tegangan yang terjadi di dasar rel sebesar Sbase = 1.065,056 kg/cm2 < Sbase izin =1042,3 kg/cm2. Oleh karena itu tipe rel R42 tidak dapat digunakan untuk kelas jalan I. Setelah dilakukannya peningkatan terhadap jalur kereta api menggunakan R54, nilai tegangan yang dihasilkan adalah sebesar tegangan sebesar σ = 930,127 kg/cm2 < σizin = 1.325 kg/cm2. Dan nilai dari tegangan yang terjadi di dasar rel sebesar Sbase = 987,455 kg/cm2 < Sbase izin = 1042,3 kg/cm2.Tegangan yang terjadi tidak boleh melebihi tegangan ijin baja. en_US
dc.subject Kereta Api en_US
dc.subject Beban en_US
dc.subject Tegangan en_US
dc.title ANALISIS PENGGUNAAN REL PADA PROYEK PENINGKATAN JALUR KERETA API LINTAS KISARAN - RANTAU PRAPAT SEGMEN KISARAN – MAMBANG MUDA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account