Research Repository

ANALISIS PENGGUNAAN BANTALAN REL PADA JALUR KERETA API (Studi Kasus : Proyek Peningkatan Jalur Kereta Api Lintas Kisaran – Rantauprapat Segmen Kisaran – Mambang Muda)

Show simple item record

dc.contributor.author MUHAMMAD, CHUSNUL
dc.date.accessioned 2023-06-06T02:00:33Z
dc.date.available 2023-06-06T02:00:33Z
dc.date.issued 2023-03-16
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20619
dc.description.abstract Pengembangan jaringan jalur kereta api di Sumatera merupakan tujuan terwujudnya Trans Sumatera Railways yang menghubungkan jalur perkeretaapian. Jalur Kereta Api lintas Kisaran – Rantauprapat telah dibangun sejak tahun 1937. Pada tahun 2020 terdapat beberapa rel yang putus diakibatkan banyak faktor antara lain : dari segi sarana dan prasarana, manusia dan alam. Tindak lanjut yang dapat dilakukan untuk menangani dampak tersebut ialah melakukan peningkatan terhadap jalan rel. Kondisi eksisting jalan rel dengan kelas jalan III menggunakan tipe R42 dan memiliki kecepatan 70 km/jam. Kegiatan yang dilakukan yaitu dengan meningkatkan Track Quality Index (TQI) Jalur Kereta Api dari kelas III menjadi kelas I berikut dengan penggantian rel tipe R42 menjadi tipe R54 dan mengganti bantalan rel yang digunakan. Pada penilitian ini akan menganalisis penggunaan tipe bantalan rel yang bertujuan untuk mengevaluasi tepat atau tidaknya penggunaan bantalan rel yang digunakan pada pekejaan ini. Dalam hal ini, meninjau karakteristik beban, ketahanan terahap momen yang bekerja dan defleksi yang terjadi pada bantalan. Setelah melalui proses perhitungan, maka dapat diketahui bahwa Beban yang diterima pada bantalan kayu yaitu (Q1) sebesar 6.925 kg dan beban yang diizinkan (Qizin) sebesar 6.037,16 kg. beban yang diterima lebih besar dibandingkan beban yang diizinkan. Maka dari itu bantalan kayu tidak dapat menerima beban kereta api yang berjalan, namun sesuai dengan PM 44 Tahun 2018 bantalan kayu digunakan pada titik tertentu yaitu pada Insulated Rail Joint (IRJ) dan jembatan baja. Untuk perbandingan tipe bantalan antara lain : bantalan beton dapat menahan momen sebesar Mm = 240.476,055 kgcm yang lebih besar dari bantalan kayu sebesar Mm= 174.857,605 kgcm, dan defleksi yang terjadi pada bantalan beton sebesar Ym = 0,384 cm lebih kecil dibandingkan bantalan kayu sebesar Ym = 0,529 cm. en_US
dc.subject Rel en_US
dc.subject Beban en_US
dc.subject Bantalan en_US
dc.subject Kereta Api en_US
dc.title ANALISIS PENGGUNAAN BANTALAN REL PADA JALUR KERETA API (Studi Kasus : Proyek Peningkatan Jalur Kereta Api Lintas Kisaran – Rantauprapat Segmen Kisaran – Mambang Muda) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account