Abstract:
Keputusan masyarakat dalam menggunakan jasa kantor pos dipengaruhi oleh
beberapa faktor diantaranya yaitu promosi dan pelayanan. Pelayanan yang baik
akan mendorong masyarakat dalam menggunakan jasa kantor pos, dan promosi
juga merupakan faktor penting agar masyarakat dapat mengetahui produk dan jasa
yang ditawarkan oleh kantor pos. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan
menganalisis pengaruh promosi dan pelayanan terhadap keputusan masyarakat
dalam menggunakan jasa pengiriman PT. Pos Indonesia (Persero) Kota Medan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantatif. Teknik pengumpulan
data dikumpulkan melalui kuesioner dengan sampel sebanyak 80 orang, lalu di uji
validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi
klasik, regresi berganda, uji t, uji f, dan Koefisien Determinasi (R-Square).
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan, 1.Variabel promosi (X1)
berpengaruh secaara parsial terhadap keputusan masyarakat dalam menggunakan
Jasa Kantor Pos di Medan. 2. Variabel pelayanan (X2) berpengaruh secara parsial
terhadap keputusan masyarakat dalam menggunakan Jasa Kantor Pos di Medan. 3.
Secara simultan variabel promosi (X1), pelayanan (X2) berpengaruh signifikan
terhadap keputusan (Y) dalam menggunakan Jasa Kantor Pos di Medan.