Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya guru dalam penggunaan media
pembelajaran di MTs Islamiyah Medan. Sehingga kurangnya kemampuan kosa kata
bahasa arab siswa di MTs Islamiyah Medan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana pengaruh media dakosa terhadap kemampuan kosa kata
bahasa arab siswa di MTs Islamiyah Medan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, Adapun populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VII berjumlah 54 orang. Pengamnilan sampel
dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian kelas 7.1 (kelas
eksperimen) sejumlah 27 siswa dan kelas 7.2 (kelas kontrol) sejumlah 27 siswa.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pilihan ganda dalam proses
pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji
normalitas yang menggunakan uji Kolmogrov-Smirnov, uji homogenitas.
Kemudian uji hipotesis menggunakan T-test yang diperoleh nilai thitung sebesar
12.839 ttbel 2,000 dengan signifikansi 0,000 < 0,005. Maka dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh penggunaan media dakosa terhadap kemampuan kosakata
Bahasa Arab di MTs Islamiyah Medan.