Research Repository

Penerapan Pendekatan Behavioristik terhadap Kebiasaan Merokok Siswa MTsS Nurul Islam Blang Rakal Kecamatan Pintu Rime Gayo

Show simple item record

dc.contributor.author Siregar, Zulian Rahman
dc.date.accessioned 2020-03-05T11:43:25Z
dc.date.available 2020-03-05T11:43:25Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2045
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui penerapan pendekatan behavioristik terhadap kebiasaan merokok siswa, untuk mengetahui kebiasaan merokok siswa, serta untuk mengetahui perubahan kebiasaan merokok siswa dengan penerapan pendekatan behavioristik pada siswa MTsS Nurul Islam Blang Rakal Kecamatan Pintu Rime Gayo Tahun Pembelajaran 2014-2015. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa putra kelas VIII MTsS Nurul Islam Blang Rakal tahun ajaran 2014-2015 yang memiliki kebiasaan merokok dengan kriteria frekuensi merokok yang tinggi 3 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi dan wawancara mengenai kebiasaan merokok siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, yaitu Konseling dengan pendekatan behavioristik terhadap perubahan kebiasaan merokok siswa dilakukan pada tiga siklus untuk mencapai angka keberhasilan penurunan frekuensi merokok siswa minimal 50%. Konseling dengan pendekatan behavioralistik efektif untuk mengurangi kebiasaan merokok pada siswa kelas VIII MTsS Nurul Islam Blang Rakal tahun ajaran 2014-2015. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh subjek penelitian yang berjumlah 3 siswa mengalami penurunan dalam melakukan kebiasaan merokok. Pelaksanaan tindakan pada siklus I menunjukkan penurunan tingkah laku kebiasaan merokok subjek tetapi belum signifikan, artinya masingmasing subjek mengalami penurunan masih di bawah 50%. Penurunan tersebut belum mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Penurunan rata-rata pada siklus I adalah 35,29 %. Berdasarkan kenyataan tersebut maka perlu diadakan tindakan pada siklus II, dimaksudkan agar tingkah laku merokok subjek dapat berubah dan menurun mencapai indikator keberhasilan yaitu 50%. Perubahan tingkah laku kebiasaan merokok subjek pada siklus II mencapai 48,125 %. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penurunan perubahan tingkah laku merokok subjek masih belum signifikan. Untuk itu perlu diadakan kembali tindakan pada siklus III agar hasilnya mencapai indikator keberhasilan. Pada siklus III, perubahan tingkah laku subjek sudah signifikan, yaitu mencapai 70,7 %. Hasil analisis klinis juga membuktikan bahwa konseling behavioral efektif untuk mengurangi kebiasaan merokok, karena subjek mengalami perubahan tingkah laku kebiasaan merokok, diamati dari frekuensi merokok yang berkurang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa konseling dengan pendekatan behavioralistik efektif untuk mengurangi kebiasaan merokok. en_US
dc.subject Pendekatan Behavioristik en_US
dc.subject Kebiasaan Merokok Siswa en_US
dc.title Penerapan Pendekatan Behavioristik terhadap Kebiasaan Merokok Siswa MTsS Nurul Islam Blang Rakal Kecamatan Pintu Rime Gayo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account