Abstract:
Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Tinggi. Penelitian ini bertujuan
mengetahui bagaimana kepemimpinan partisipatif untuk meningkatkan
pemberdayaan guru di SMK Negeri 1 Galang dan kepala sekolah mampu
mengambil keputusan ketika guru-guru membutuhkan pencapaian mutu
pendidikan sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif,
naturalistik dan tekhnik triangulasi. Pengambilan data dengan menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi serta terjun kelapangan. Dalam penelitian
ini peneliti membahas pemberdayaan guru. Yang dimaksud dengan pemberdayaan
guru adalah merupakan unjuk kerja yang dilakukan dengan baik sesuai dengan
tujuan sekolah. Jadi pemberdayaan ditentukan dari proses penilaiaan dan
pertimbangan atas pekerjaan seseorang oleh atasan seseuai dengan tujuan sekolah.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang merupakan bahwa
kepemimpinan partisipatif mampu meningkatkan pemberdayaan guru yang
meliputi pembuatan rencana pembelajaran dengan baik adanya kegiatan awal,
kegiatan inti dan kegiatan akhir. Kreatifitas dan komunikasi yang ditunjukkan
oleh kepala sekolah menciptakan susasana lingkungan kerja lebih bersemangat.
Sikap kepemimpinan kepala sekolah yang di gambarkan dari kepribadiannya yang
selalu ikut serta dalam setiap keadaan sekolah tersebut. Kepala sekolah lebih
terlibat dalam mengelolah kehadiran guru, merencanakan pembelajaran,
mendelegasikan pekerjaanya dan berkomunikasi dengan baik kepada bawahannya.
Peningkatan kinerja guru juga dibuktikan dengan kemampuan guru dalam
penyusunan perangkat pembelajaran, kemampuan melaksanakan pembelajaran
kemampuan menjaga hubungan antar pribadi, kemampuan melaksanakan
penilaian hasil belajar, kemampuan pelaksanaan pengayaan. Serta pembentukan
ekstrakurikuler kepada siswa/siswi yang memilih mengembangkan minat dan
bakatnya.