Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis apakah terdapat
pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap kinerja
guru melalui motivasi kerja sebagai variabel Intervening di SMK Swasta
Kecamatan Medan Tuntungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 112
orang, adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Slovin,
dengan jumlah sampel sebanyak 88 orang. Alat pengumpul data yang digunakan
yaitu angket yang diukur dengan skala likert dan menggunakan teknik analisis
jalur (Path Analysis). Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa
bahwa kepemimpinan kepala sekolah mempunyai pengaruh positif dan signifikan
terhadap motivasi kerja (H1 diterima), budaya organisasi mempunyai pengaruh
positif dan signifikan terhadap motivasi kerja (H2 diterima), kepemimpinan
kepala sekolah mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru
(H3 diterima), budaya organisasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan
terhadap kinerja guru (H4 diterima), motivasi kerja mempunyai pengaruh positif
dan signifikan terhadap kinerja guru (H5 diterima), kepemimpinan kepala sekolah
mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan
motivasi kerja sebagai variabel Intervening (H6 diterima), budaya organisasi
mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan
motivasi kerja sebagai variabel Intervening (H7 diterima).