Abstract:
Penelitian ini merujuk kepada pemanfaatan media sosial instagram
sebagai sarana pemasaran produk melalui content-content marketing yang di
publikasikan. Ps. Store Medan merupakan salah satu usaha yang memanfaatkan
media sosial ini untuk memasarkan produknya dengan jumlah followersnya
786.000 dan jumlah postingan 1.761. penelitian ini bertujuan untuk melihat
bagaimana pengaruh content marketing dan brand awareness yang di buat Ps.
Store Medan terhadap minat beli konsumennya. Adapun jenis penelitian
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey explanative
menggunakan sifat asosiatif untuk menjelaskan hubungan (korelasi) antara
Content Marketing Instagram (X1), brand Awareness (X2), dan Minat Beli (Y).
Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket kepada Responden
penelitian yang merupakan followers akun instagram @ps.store Medan sebanyak
786.000. Untuk jumlah sampel diambil dengan rumus Slovin dengan presisi 10%,
yaitu berjumlah 100 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel
Content Marketing Instagram (X1) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap
Minat Beli (Y) dengan dengan taraf signifikan (nilai p) = 0,0001 (α < 0,05) dan
memiliki hubungan sangat kuat serta pola positif (r = 0,735) yaitu semakin baik
Content Marketing maka semakin tinggi minat beli pelanggan PS. Store Medan.
Variabel Brand Awareness (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap
Minat Beli (Y) dengan taraf signifikan 0,025 (p = 0,25) (α < 0,05) dan memiliki
hubungan sedang dan berpola positif (r = 0,470) yaitu semakin tinggi Brand
Awareness maka semakin tinggi minat beli pelanggan PS. Store Medan.