Abstract:
Saat ini komunikasi pemasaran sangat perlu memanfaatkan teknologi dan internet
yang jauh lebih menguntungkan. Peluang dan tantangan untuk melakukan komunikasi
pemasaran internet menjadi sebuah tantangan baru dimana perusahaan menyampaikan
pesan kepada pelanggannya dengan berbagai media. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui strategi komunikasi pemasaran jasa pengiriman J&T Express di era digital
marketing dalam meningkatkan pelayanan pelanggan di kota Medan dan untuk mengetahui
apakah digital marketing dapat meningkatkan pelayanan pelanggan. Teori yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teori komunikasi pemasaran, dengan menggunakan jenis
penelitian deskriptif kualitatif. Dimana jenis penelitian ini data yang diperoleh berupa
wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian yang diperoleh ialah tidak
adanya identifikasi khalayak pada perusahaan jasa pengiriman J&T Express. Merancang
pesan pada J&T Express yaitu promosi media sosial melalui Instagram. Media sosial
Instagram digunakan sebagai media untuk mempromosikan adanya promo gratis ongkir
pada jasa pengeriman J&T Express. Lalu menghadapi persaingan jasa pengiriman lain dan
meningkatnya pelayanan pelanggan. J&T Express kalah saing dengan jasa pengiriman
lainnya karena estimasi pengiriman lama sampai. J&T Express juga menggunakan saluran
komunikasi media sosial yaitu Instagram agar pelanggan dan perusahaan dengan mudah
berkomunikasi.