Research Repository

Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Hasibuan, Fini Yolanda
dc.date.accessioned 2020-03-05T11:29:36Z
dc.date.available 2020-03-05T11:29:36Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2040
dc.description.abstract Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai bimbingan kelompok dimana siswa belum memiliki kemandirian belajar. Dalam meningkatkan kemandirian belajar tersebut layanan yang digunakan dalam bimbingan konseling adalah layanan bimbingan kelompok. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemandirian belajar, baik dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam lingkungan sekolah. Jumlah populasi 388 siswa dan sampel 20 orang siswadengan menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Intrumen yang digunakan yaitu angket dengan item pertanyaan 30 butir. Analisis data penelitian berupa uji korelasi, product moment, dan uji hipotesis. Dari perhitungan uji product moment diperolehrhitung > rtabeluntuk taraf nyata5% yaitu 0,500 > 0,250. Dan berdasarkan uji “t” maka diperoleh thitungan > ttabel yaitu 4,242 > 2,121. Pada taraf signifikan nyata (α = 0,05). Dari hasil perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Kemandirian Belajar Siswa yaitu sebesar 51%. Maka dapat disimpulkan Ha diterima Ho ditolak. en_US
dc.subject Bimbingan Kelompok en_US
dc.subject Kemandirian Belajar en_US
dc.title Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account