Abstract:
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk studi kasus. Penelitian ini
dilaksanakan di MIS Aek Riung Sigambal. Masih ditemukan suasana sekolah yang belum
menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan bagi anak-anak. Masih ditemukan
adanya tindak kekerasan yang dilakukan oleh siswa, masih adanya tindakan bullying,
tindak kejahatan, merokok, tawuran serta masih ditemukannya kecurangan yang
dilakukan oleh sekolah saat pelaksanaan ujian. Maka daripada itu diperlukan suatu
program Sekolah Ramah Anak (SRA). Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengimplementasikan program Sekolah Ramah Anak dan mengembangkan karakter
siswa di MIS Aek Riung Sigambal. Adapun responden penelitian ini adalah kepala
sekolah dan guru. Hasil penelitian ini adalah kebijakan sekolah ramah anak di MIS Aek
Riung Sigambal mendorong seluruh warga sekolah untuk peduli terhadap lingkungan
sekolah dan anti kekerasan sehingga suasana di sekolah menjadi sehat, aman dan nyaman.
MIS Aek Riung Sigambal telah mengimplementasikan pendidikan ramah anak,
bahwasanya sekolah telah mengupayakan berbagai program maupun kegiatan dalam
mengimplementasikan pendidikan ramah anak. Meskipun sekolah telah berupaya untuk
mengimplementasikan pendidikan ramah anak sebaik mungkin namun masih dikatakan
belum optimal.