Research Repository

IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA (STUDI KASUS DI UPT SMP NEGERI 3 MEDAN)

Show simple item record

dc.contributor.author SURYATI, RIRI
dc.date.accessioned 2023-01-19T05:12:24Z
dc.date.available 2023-01-19T05:12:24Z
dc.date.issued 2022-09-15
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20375
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Multikultural dalam Meningkatkan Karakter Siswa (Studi Kasus di UPT SMP Negeri 3 Medan). Penelitian ini mengggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Study Kasus. Data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman melalui tahapan reduksi data. Penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan adapun tentang pelaksanaan implementasi nilai pendidikan karakter berbasis multikultural di UPT SMP Negeri 3 Medan memfokuskan pada 5 hal yaitu: 1. Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, 2. Berakhlak Mulia, 3. Berbhinekaan Global, 4. Gotong Royong, 5. Kreatif dan Bernalar Kritis yang tertuang dalam Profil Pelajar Pancasila. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa implementasi nilai pendidikankarakter berbasis multikultural dalam meningkatkan karakter siswa (Studi Kasus UPT SMP Negeri 3 Medan) belum sepenuhnya baik, pendidikan karakter disekolah juga sangat terkait dengan manajemen atau pengelolaan sekolah. Pengelolaan yang dimaksud adalah bagaimana pendidikan karakter direncanakan, dilaksanakan, dan dikendalikan dalam kegiatan-kegiatan pendidikan sekolah secara memadai. Pengelolaan tersebut antara lain meliputi: nila-nilai yang perlu ditanamkan, muatan kurikulum, pembelajaran, penilaian, pendidik, dan tenaga kependidikanjuga yang belum mampu mengikuti secara keseluruhan peraturan yang ada disekolah. Perilaku evaluasi pendidikan karakter peserta didik sudah baik, sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan sekolah bahwa faktor pendukung dalam menumbuhkan karakter peserta didik beragam, dari sarana dan prasarana, kemudian kerjasama antar pihak-pihak yang berpengaruh dalam sekolah, bahwa keluarga merupakan pondasi pengembangan intelektual dan moral. en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Nilai Pendidikan Karakter en_US
dc.subject berbasis Multikultural en_US
dc.subject dalam Meningkatkan Karakter Siswa en_US
dc.title IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA (STUDI KASUS DI UPT SMP NEGERI 3 MEDAN) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account