Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Nilai Pendidikan
Karakter Berbasis Multikultural dalam Meningkatkan Karakter Siswa (Studi
Kasus di UPT SMP Negeri 3 Medan). Penelitian ini mengggunakan metode
kualitatif dengan pendekatan Study Kasus. Data diperoleh dengan teknik
wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan teori
Miles dan Huberman melalui tahapan reduksi data. Penyajian data dan penarikan
kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan adapun
tentang pelaksanaan implementasi nilai pendidikan karakter berbasis multikultural
di UPT SMP Negeri 3 Medan memfokuskan pada 5 hal yaitu: 1. Beriman dan
Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, 2. Berakhlak Mulia, 3. Berbhinekaan
Global, 4. Gotong Royong, 5. Kreatif dan Bernalar Kritis yang tertuang dalam
Profil Pelajar Pancasila. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa
implementasi nilai pendidikankarakter berbasis multikultural dalam meningkatkan
karakter siswa (Studi Kasus UPT SMP Negeri 3 Medan) belum sepenuhnya baik,
pendidikan karakter disekolah juga sangat terkait dengan manajemen atau
pengelolaan sekolah. Pengelolaan yang dimaksud adalah bagaimana pendidikan
karakter direncanakan, dilaksanakan, dan dikendalikan dalam kegiatan-kegiatan
pendidikan sekolah secara memadai. Pengelolaan tersebut antara lain meliputi:
nila-nilai yang perlu ditanamkan, muatan kurikulum, pembelajaran, penilaian,
pendidik, dan tenaga kependidikanjuga yang belum mampu mengikuti secara
keseluruhan peraturan yang ada disekolah. Perilaku evaluasi pendidikan karakter
peserta didik sudah baik, sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan sekolah
bahwa faktor pendukung dalam menumbuhkan karakter peserta didik beragam,
dari sarana dan prasarana, kemudian kerjasama antar pihak-pihak yang
berpengaruh dalam sekolah, bahwa keluarga merupakan pondasi pengembangan
intelektual dan moral.