Abstract:
Layanan Informasi adalah layanan yang memungkinan peserta didik menerima
dan memahami berbagai informasi seperti; informasi belajar, sosial, pergaulan,
karier, pendidikan lanjutan. Penerapan layanan Informasi Dengan Teknik
Homeroom Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI SMA Harapan
Mekar Tahun Ajaran 2021/2022. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI
dengan jumlah 12 orang yang mempunyai ciri – ciri mengalami kesulitan dalam
belajar. Instrumen yang digunakan didalam penelitian ini adalah observasi dan
wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang telah
dilakukan dapat disimpulkan bahwa layanan informasi dengan teknik homeroom
mampu mengatasi Kesulitan Belajar siswa kelas XI SMA Harapan Mekar Tahun
Ajaran 2021/2022. Hal ini terlihat ketika siswa sedang berada dalam kegiatan
proses pembelajaran.