Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan
bagaimana kepala sekolah memberdayakan guru SD Al Hidayah Medan, untuk
mengetahui bagaimana gaya kepemimpinan yang dijalankan kepala sekolah dalam
memberdayakan guru di SD Al Hidayah Medan dan untuk mengetahui dampak
dari pemberdayaan guru oleh kepala sekolah SD Al Hidayah Medan. Pendekatan
penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sebagaimana Moelong (2012: 4)
metodologi kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data
deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang
diamati. Pengumpulan data adalah merupakan langkah yang harus diadakan setiap
penelitian kualitatif, sebab desain penelitian dengan metode pendekatan seperti ini
membutuhkan perhatian serta tingkat kejelian dalam menemukan masalah dan
fenomena. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Sekolah SD Al Hidayah
Medan menerapkan kepemimpimpinan partisipatif yakni demokratis dalam
kinerjanya, kepala sekolah bersama-sama dengan bawahannya dan juga saling
tukar menukar ide atau usulan menyangkut perkembangan lembaga pendidikan,
dalam pola kepemimpinannya selalu mengikutsertakan para bawahan bawahannya.Selain demokratif melalui observasi dapat di ketahui pola
kepemimpinan partisipatif yang dilakukan kepala sekolah SD Al Hidayah Medan
yang terbuka, mencari pendapat dari pihak yang lebih menentukan ketika situasi
tidak memungkinkan, bekerja secara aktif, mengikutkan bawahan dalam mencari
solusi dan berpendapat demi perkembangan lembaga. Kepala sekolah selalu
mengikuti kebijakan-kebijakan dari dinas pendidikan, selalu pro aktif dalam
keterlibatan kelembagaan, mengikutsertakan para guru berbagai pelatihan
MGMP. Kepala sekolah juga mengikuti pelatihan MKKS.Dalam memimpin
kepala sekolah bersifat partisipatif kepada semua para bawahannya.Serta
mengadakan supervisi setiap 2 bulan sekali.